The Best Movie of Leonardo DiCaprio

jika ditanya siapa aktor favorit saya, pasti dengan cepat tanpa pikir panjang lagi saya akan jawab Leonardo DiCaprio. lebih dari 20 tahun ia malang melintang di industri perfilman hollywood. berbagai macam karakter pun rasanya sudah dilalui oleh Leo (panggilan akrabnya) dengan sempurna. tapi, apa saja film terbaik yang dibintangi olehnya? tentu ini versi saya sendiri.. hehehe..

aktor keahiran 11 November 1974 itu memulai debut karirnya dengan membintangi sebuah iklan komersial dan sitkom berjudul Growing Pains. dan debutnya dalam film ia mulai dengan bermain di film sci-fic horror Critters 3 pada tahun 1991. karirnya mulai bersinar saat ia membintangi film berjudul What’s Eating Gilbert Grape pada tahun 1993. berkat aktingnya sebagai Arnie Grape dalam film tersebut ia berhasil masuk nominasi Academy Awards di usia yang sangat muda yaitu 19 tahun.

dalam karirnya selama kurang lebih 20 tahun ini, karir Leo mengalami pasang surut. namun karirnya mulai bangkit lagi setelah ia membintangi film garapan sutradara bertangan dingin, Steven Spielberg berjudul Catch Me If You Can dan film garapan sutradara Martin Scorsace, Gangs of New York. meskipun telah beberapa kali masuk nominasi oscar sayanganya Leo belum ppernah merasakan kemenangan dan membawa piala yang disimbolkan sebagai puncak pencapaian seorang aktor/aktris ini. berikut adalah 5 film terbaik Leonardo DiCaprio versi saya:

1. What’s Eating Gilbert Grape

film bergenre drama ini menceritaan tentang kehidupan Gilbert Grape (Johnny Depp) yang hidup di sebuah pinggiran kota (countryside) bernama Endora. Di sana ia mempunyai seorang kakak perempuan, seorang adik perempuan, seorang adik laki-laki yang terkena gangguan jiwa (autis) yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, dan seorang kakak laki-laki yang telah pergi (hanya diceritakan telah pergi). Di sana Gilbert Grape harus menjalani hidup di mana ia harus mengasuh Arnie, adik laki-lakinya yang autis dan menjadi pencari nafkah dengan bekerja di supermarket kecil dan kuno karena ayah mereka telah tiada, sementara ibu mereka sangat gendut (obesitas) dan hanya diam setiap hari di sofanya dan makan. Dalam film ini Leo dinominasikan dalam Academy Award di kategori Best Supporting Actor.

 

2. The Aviator

The Aviator bercerita tentang kehidupan seorang miliarder eksentrik berumur 40 tahun bernama Howard Hughes. Hughes yang diperankan DiCaprio ini adalah pengusaha sukses di Houston, AS. Hughes kemudian pindah ke Hollywood dan menjadi seorang produser pusat perfilman di Negeri Paman Sam itu. Karakter Hughes terbilang unik. Ia digambarkan sebagai pria yang selalu beruntung dan sukses di setiap bidang usaha yang digelutinya. Miliarder ini juga dianggap sebagai sosok misterius karena selalu menolak untuk diwawancara. Film itu juga menceritakan kehidupan percintaan Hughes dengan sejumlah aktris terkenal Hollywood. Nominasi untuk Aktor terbaik 2005 Academy Award dan 2 SAG Award dan memenangkan sebuah Golden Globe.

 

3. Titanic

Film ini diarahkan oleh sutradara terkenal James Cameron, yang pernah menggemparkan dunia perfilman dengan film Terminator (1984) yang kemudian disusul dengan film “Aliens” (1986). Di tahun 1991, ia membuat sekuel “Terminator”, yakni “Terminator II: The Judgement Day” dan berbagai film-film “box office”-nya. Jadi tidak heran kalau tangan dinginnya mampu membuat karya kolosal “Titanic” dengan budget yang luar biasa besar yakni 200 juta dolar Amerika. Lantaran budget yang begitu besar, ia sempat menghadapi keberatan dari studio sehingga James Cameron rela mengorbankan honornya. Ternyata film yang dibuat di berbagai lokasi seperti di Bellmont Olympic Pool, Long Beach, California, dan Halifax, Nova Scotia, Kanada serta lokasi reruntuhan kapal Titanic di Atlantik Utara, berhasil mencetak rekor pendapatan tertinggi di sepanjang masa.

Selain itu, film”Titanic” juga berhasil memperoleh berbagai penghargaan, seperti memborong 11 piala Oscar dari Academy Awards, yakni untuk kategori Best Picture, Best Cinematography, Best Sound, Best Music, Song, Best Music, Original Dramatic Score, Best Film Editing, Best Effect, Visual Effect, Best Effect, Sound Effect, Best Director, Best Art Direction-Set Decoration, dan Best Costume Designs. meskipun di film ini ia tidak di nominasikan untuk meraih piala, tapi semua pasti setuju ini adalah salah satu film yang akan dikenang sepanjang masa, begitupun Leo.

 

4. Catch Me If You Can

mengangkat kisah nyata Frank William Abagnale Jr, kini konsultan keuangan yang bertugas mencegah kejahatan kerah putih (white collar crime), yang dulunya dikenal sebaga pemuda pembobol bank. Tak tanggung – tanggung, Frank berhasil menggerus duit 4 juta dollar, menipu orang dengan penyamarannya yang sempurna sebagai pengacara, dokter hingga pilot dan berhasil mengecoh FBI beberapa kali. Kisah yang sungguh menarik dan direkonstruksi secara cermat oleh Spielberg. Tim penulis Catch Me If You Can membuang sekelumit kehidupan Frank yang dirasa tak perlu muncul di layar dan menambahkan beberapa bagian tertentu demi alasan dramatik. Hasilnya, sebuah film berdurasi kurang lebih 2 jam yang menarik, menegangkan dan berkualitas pada saat bersamaan.
Di usia 16, Frank William Abagnale Jr (Leonardo DiCaprio) lari dari rumah. Penyebabnya, ayah dan ibunya bercerai. Tambahan lagi, ayahnya sedang dikejar – kejar Dinas pajak. Maka lengkaplah sudah penderitaan Frank. Dalam pelariannya, Frank mulai mengecoh orang – orang. Pada awalnya, terlihat hal itu dilakukannya karena alasan psikologis. Frank merasa bahwa dengan menjadi profesi tertentu, orang – orang akan menghargainya, tidak seperti pemerintah (dalam hal ini Dinas Pajak) yang dianggapnya “menginjak – injak” harga diri ayahnya. Petualangannya berlanjut dengan memalsu cek hingga suatu ketika jejaknya tercium agen FBI yang gigih, Carl Hanratty (Tom Hanks). Dan Spielberg seperti tahu betul keinginan penonton. Ia memilih memfokuskan cerita pada kisah pengejaran Carl atas Frank yang tak kenal lelah yang berlangsung bertahun – tahun. Spielberg yang sudah berpengalaman, terampil menarik ulur ritme cerita, memadu padankan adegan demi adegan dan mampu bercerita dengan lancar. Adegan yang padat membuat Catch Me IfYou Can tak terasa memakan waktu hingga 2 jam lamanya.  untuk film ini Leo diganjar nominasi untuk Aktor terbaik pada 2003 Golden Globe

5. The Departed

“The Departed” bersetting di Boston Selatan, dimana polisi sedang menyelidiki kejahatan terencana yang dilakukan organisasi kejahatan. Seorang polisi muda yang ditutupi, Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) ditugaskan untuk menyusup pada sindikat yang dipimpin Costello (Jack Nicholson). Ketika Billy dengan cepat mendapat kepercayaan Costello, Colin Sullivan (Matt Damon), seorang penjahat muda juga dijadikan sebagai polisi yang berfungsi sebagai mata-mata polisi untuk para sindikat. Ia mendapatkan jabatan di Kesatuan Khusus Investigasi. Mereka masing-masing sibuk dengan peran gandanya, mengumpulkan informasi tentang rencana dan pelaksanaannya. Namun keadaan semakin jelas baik bagi penjahat maupun polisi bahwa ada kejanggalan diantara mereka, Billy dan Colin terancam tertangkap dan penyamarannya terbongkar. Mereka masing-masing berlomba mengungkap identitas lawan untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing. Leo mendapatkan nominasi untuk Akotr terbaik pada 2007 Golden Globe dan untuk 2 SAG Awards (akotr pendukung terbaik dan ensemble).

apa ada salah satu diantara 5 film diatas yang juga jadi film favorit kalian???

-SS-

1 Comment (+add yours?)

  1. Nugros C
    Nov 18, 2012 @ 13:46:14

    wah..ini 5 film terbaik Leo atau 5 performance terbaik nih?
    *.klo 5 film terbaik, imho :
    1.The Departed
    2.Shutter Island
    3.The Aviator
    4.Titanic
    5.Revolutianary Road

    *5 best performance,imho :

    1.What’s Eating Gilbert Grape
    2.The Aviator
    3.Revolutianary Road
    4.The Departed
    5.Blood Diamond

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: