Time Traveller: The Girl Who Leapt Through Time

Belum lama ini saya memang sengaja buat ngeborong beli DVD buat ngisi kepenatan setelah UAS selama lebih dari seminggu. Saya memutuskan untuk membeli beberapa film yang salah satunya akan saya bahas dalam posting-an ini.

Film jepang ini berjudul Time Traveler: The Girl Who Leapt Through Time. Kenapa saya tertarik untuk nonton film ini, awalnya sih karena saya memang lagi ‘kegandrungan’ sama film yang bertema atau menceritakan seseorang yang bisa menembus waktu atau masa lampau (setelah sebelumnya nonton The Time Traveler’s Wife dan Time Machine).

Cerita film ini diawali dengan adegan seorang wanita yang berada didalam laboraturium sedang melakukan eksperimennya. Yang diketahui bernama Kazuko Yoshiyama, ibu dari tokoh utama yang akan berpetualang menembus waktu. Sang ibu mengalami kecelakaan sesaat setelah ia menerima sebuah amplop yang berisikan foto dirinya saat masih duduk di bangku sekolah dengan seorang laki-laki yang bernama Kazuo Fakamachi, berdiri  disampingnya. Ternyata foto tersebut mengingatkannya pada masa lalunya dan sang ibu mengutus anaknya, Asaki Yoshiyama untuk menjelajah waktu ke masa lalu tepatnya April 1972 menemui orang yang ada di foto tersebut untuk menagih sebuah janji. Dengan sebuah air yang diambilnya dari laci yang letaknya di lab ibunya tersebut akhirnya asaki menjelajah waktu ke masa lampau namun sayangnya Asaki salah menyebutkan tahun yang harusnya ia datangi. Akhirnya karena keteledorannya itu ia berada di tahun 1974, 2 tahun lebih lama dari tahun yang seharusnya ia ‘kunjungi’.

Orang yang pertama ia temui adalah seorang sutradara amatir yang baru merintis karirnya bernama Kyota Mizorok disebuah lab. Asaki menjelaskan pada Kyota jika ia adalah manusia yang berasal dari masa depan yakni tahun 2010. Setelah ditunjukan berbagai benda khas masa depan seperti handphone, kamera, dan lain-lain akhirnya  Kyota mempercayai apa yang dikatakan Asaki. Selama Asaki ‘berkunjung’ untuk menyelesaikan misinya, ia tinggal di apartemen milik kyota. Kyota sangat membantu Asaki dalam misinya untuk bertemu dengan Kazuo Fakamachi. Dan memberikan saran untuk memasang iklan di surat kabar untuk menemukan Kazuo. Dari seringnya mereka berinteraksi dan curhat inilah mereka menyukai satu sama lain (walaupun secara tersirat). Dalam ‘kunjungannya’ ini pula, Asaki akhirnya bisa melihat dan mengetahui bagaimana sosok ayahnya bernama Masamichi Hasegawa yang mempunyai nama samaran Gogetsu (teman dari Kyota) yang sudah meninggalkan ia dan ibunya saat Asaki berumur masih sangat kecil.

Cerita berlanjut pada tanggal 3 Maret 1974, inilah batas waktu Asaki untuk menemukan Kazuo. Dan ternyata orang yang selama ini ada di foto bersama ibunya dan sedang ia cari adalah orang dari masa depan juga bernama Ken Sagono, tepannya dari tahun 2689. Dahulu ia tidak sengaja untuk menjelajah waktu ke masa lalu dan disana ia bertemu ibu Asaki dan jatuh cinta. Namun Ken menyadari bahwa hal itu tidak mungkin terjadi makanya sebelum ia kembali ke masa depan ia menghapus semua ingatan yang ia dan ibu Asaki lewati berdua.

Asaki menyadari jika ia mencintai Kyota, roleh karena itu sebelum pulang ke masa depan ia meminta waktu sedikit untuk bertemu Kyota yang saat itu harus pergi ke tempat asalnya karena ayahnya sedang sakit keras. Tragisnya Bus yang Kyota naiki itu adalah bus yang selama ini selalu di dengar dan menjadi bus sejarah yang menewaskan 38 orang didalamnya termasuk Kyota (Asaki menyaksikan berita tersbeut pada tahun 2010 sebelum ia ‘berkunjung’ ke tahun 1974). Namun apa daya sejarah tidak dapat diubah, sekeras apapun Asaki mencegah agar Kyota tidak menaiki bus tersebut hal ini mustahil.

Akhirnya Ken menghapus semua ingatan Asaki di tahun 1974 dan kembali ke tahun 2010 melanjuti hidupnya yang normal. Ingatannya tentang Kyota dan hal-hal yang ia lewati di masa lalu mungkin dapat dihapus, namun kenangan didalam hati tidak mungkin bisa dihilangkan. Itu yang diperlihatkan Asaki saat ia menonton film yang dibuat Kyota (yang sengaja diberikan kepada Asaki sebelum ia pergi).

~Untuk seseorang yang dapat melihat pohon cherry di masa depan~

trailer dari film ini:

-SS-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: