Menyadur VS Plagiat

beberapa hari yang lalu saya mengikuti Ujian Akhir Semester untuk Mata Kuliah Penulisan Artikel Ilmiah (ga pernah ada kuliah / bahas materi setelah selesai UTS sampai menjelang UAS) yang membuat kami panik — saya bersama 3 orang teman, jangan kaget ya mata kuliah ini emang cuma diikuti oleh 7 orang saja. materi untuk pembelajaran pun ga ada dan nge-blank sama sekali. akhirnya kata-kata yang terlontar keluar dari mulut kami adalah…….

“Aduh….PASRAH..”,

“SEMAMPUNYA AJA DEH..”

“GA TAU MAU NGISI APA NIH! MAMPUS”

dan banyak kalimat-kalimat apatis yang lainnya keluar dari mulut kami…

akhirnya pengawas membagikan soal. soal terdiri dari 5 pertanyaan essay. saya lupa apa 4 pertanyaan yang lain tapi yang paling saya ingat dan penasaran jawaban tepatnya apa (karena waktu ngisi jawaban itu SUMPAH saya ngarang abis!!!!). pertanyaanya seperti ini:

JELASKAN YANG DIMAKSUD DENGAN ‘MENYADUR’ DAN ‘PLAGIAT’ ?

NAHLO! musti jawab apa nih? abisnya kata yang familiar itu ya cuma plagiat. kata menyadur memang saya pernah dengar sebelumnya tapi tidak sefamiliar kata plagiat tadi…… (ternyata punya arti yang berbeda yah? hahahaha).

setelah beberapa hari setelah UAS saya baru mencari arti dari kata-kata tadi… berikut adalah hasilnya.

 Menyadur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah menyusun kembali cerita secara bebas tanpa merusak garis besar cerita, biasanya dari bahasa lain: pengarang itu suka – cerita dr bahasa asing ke dl bahasa Indonesia;3 mengolah (hasil penelitian, laporan, dsb); mengikhtisarkan: mereka sedang – hasil penelitian mereka untuk dijadikan buku; 

Plagiat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, msl menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan

-SS-


Leave a Reply

Archives

