Pelajar Korea Segera Gunakan Tablet Sebagai Pengganti Buku. Kapan Indonesia Bisa Seperti Ini?

sewaktu saya sedang online di twitter saya membaca sebuah update dari detik.com mengenai pelajar di Korea akan segera menggunakan tablet sebagai pengganti buku. woooww.. karena tertarik dengan judul artikelnya langsung aja saya buka link yang tersedia di update status twitter milik detik.com. berikut adalah artikel lengkapnya

Jakarta – Di 2015 mendatang, pelajar di Korea Selatan bakal ‘membuang’ buku-buku fisik mereka. Pasalnya, pemerintah Korea Selatan segera melakukan digitalisasi buku-buku pelajaran sekolah. Setiap siswa nanti cukup membawa sebuah tablet di sekolah.

Seperti dikutip detikINET dari Chosun, Senin (7/3/2011), Menteri Pendidikan Korea pada minggu lalu mengumumkan investasi lebih dari USD 2 Miliar hingga 2015, guna membuat versi digital dari teks buku-buku pelajaran. Tujuannya agar proses belajar mengajar sejalan dengan pertumbuhan teknologi digital.

Sejalan dengan itu, pemerintah pun sudah mempersiapkan server berbasis cloud computing bagi kebutuhan pendidikan negeri ginseng tersebut. Tiap pelajar nantinya bisa mengunduh konten yang mereka inginkan langsung dari tablet masing-masing secara gratis.

Lantas bagaimana dengan pelajar yang orangtuannya kurang mampu untuk membeli tablet? Jangan khawatir, pemerintah Korea Selatan akan memberikan tablet gratis bagi siswa kurang mampu. Jadi tak ada alasan sistem pendidikan yang terbentur teknologi.

Nantinya para pelajar pun bisa melakukan aktivitas belajar mengajar dari rumah masing-masing. Hal ini bisa menjadi solusi bagi siswa yang terpaksa tak bisa belajar karena di rawat di rumah sakit.

Saat ini Korea Selatan telah menjadi pemimpin dalam bidang layanan internet bagi warga. Pada tahun ini pemerintah mereka tengah menyiapkan program akses internet dengan kecepatan 1 Gbps hingga 2012, bagi setiap warga negara. (sumber detik.com)

hem, miris banget baca artikel ini, saya jadi berangan-angan sendiri kapan ya Indonesia akan melakukan hal ini untuk memperbaiki standar pendidikannya,,,?. rasanya terlalu jauh ya kalo mau ngikutin negara Korea untuk melakukan digitalisasi buku pelajaran pada tahun 2015 mendatang, sampai saat ini saja perpustakaan umum yang layak dan lengkap saja masih bisa dihitung dengan jari. bahkan ada beberapa sekolah yang keadaan perpustakaannya memprihatinkan. agak terdengar pesimis memang, tapi itu memang kenyataan yang harus ditelan oleh para murid dan mahasiswa Indonesia. mungkin tidak pada tahun 2015, tapi mudah-mudahan ditahun-tahun berikutnya kita bisa merasakan apa yang akan segera dirasakan oleh pelajar di Korea ya.. Amiiiinnn…..

-SS-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: