Pergi ke Perpustakaan Yuuukk..!!!

dua minggu belakangan ini saya sedang disibukkan dengan tugas akhir untuk UAS disemester 4. tugasnya ga main-main nih, penelitian! jadi harus menguras otak juga ngerjainnya. hal tersebut akhirnya mengharuskan saya untuk pergi ke perpus sesering mungkin (tugas penelitian mengharuskan saya untuk emndapatkan reference dari buku-buku lain sebanyak mungkin agar data akurat dan nilai untuk tugas pun jadi bagus. AMIINNN!!!!). kalo udah diperpus rasanya nyaman banget kadang sampe ga kerasa udah 6 jam waktu terlewatkan gitu aja. satu meja panjang di perpus isinya buku-buku yang saya jadiin reference (ngambil-ngambil aja kebanyakan, taunya ga ada yg kepake! hahaha). kalo inget itu jadi berasa lagi nyusun skripsi deh, padahal cuma tugas buat proposal penelitian dan tugas penelitian skalanya juga kecil-kecilan.

anyway, ngomong-ngomong perpustakaan ni, dari dulu saya emang suka pergi ke perpus, entah perpus sekolah (waktu jaman SD, SMP, atau SMA) maupun perpus kampus. saya juga pernah sampe nekat-nekatan sangking penasaran dengan perpus umum di Jakarta. yang kebetulan pernah saya kunjungi adalah perpustakaan umum wilayah Jakarta Timur yang terletak di Rawa Bunga. sebelum pergi kesana, aku sempat search di ‘opa google’ letak pastinya perpus itu, jadi aku putusin untuk naik TransJakarta dari halte Kp. Rambutan samapai ke halte Kp. Melayu. setelah itu perjalanan ke perpus umum jakarta timur saya lanjutkan dengan menggunakan bajaj (waktu itu kayanya saya ditipu sama supir bajajnya, ongkos yg seharusnya 6rb-8rb saya diharuskan bayar 10rb, RUGI TAU!!). saya turun di depan sekolah SMA, tapi saya kok belum lihat bangunan perpustakaannya..? ternyata saya harus jalan sekitar 2 KM kedalam gang untuk sampai di perpustakaan. yang terlintas dalam pikiran saya adalah perasaan miris, karena perpustakaan yang notabennya adalah sumber ilmu dan jendela dunia seaakan dikesampingkan keberadaannya. akhirnya setelah berjalan selama 3 – 5 menit saya sampai juga di perpustakaan tersebut. lagi-lagi saya dikagetkan dengan banguna perpustakaan yang menurut saya kurang tertata untuk sebuah perpustakaan daerah Ibukota Loh… setelah dijelaskan prosedur untuk tamu masuk dan membaca di perpustakaan akhirnya saya bergegas ke lantai 2 (disana tempat buku-buku ditaruh). well, lagi-lagi saya dikecewakan (mungkin ekspektasi saya yang terlalu berlebihan makanya hari itu saya dibuat kecewa terus. hehhe). perpus umum itu bisa dibilang sama saja seperti perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah SMP dan SMA bahkan kalo boleh saya bilang masih lebih bangus perpustakaan sekolah SMA saya (ini subjektifitas saya saja). orang yang berkunjung untuk membaca atau sekedar meminjam buku pun saya rasa hanya masyarakat disekitar perpus itu berada. kebnayakan anak-anak sekitar umur 8-12 tahun yang kesana. (mohon maaf saya tidak bisa memberikan gambar tentang isi perpustakaan karena sebelum menulis posting-an ini photonya tidak sengaja dihapus).

perpustakaan kedua adalah perpustakaan nasional yang terletak di jalan salemba. waktu itu saya pergi kesana beramai-ramai bersama teman-teman saya. kebetulan saat itu ada tugas yang mengharuskan kami untuk pergi kesana. saat masuk ke sana hal berbeda pun saya rasakan jelas jauh berbeda pada saat saya masuk ke perpus umum di daerah Rawa Bunga. perpustakaan ini jau lebih tertata, nyaman, kolleksi bukunya juga boleh dibilang hampir lengkap. jadi tidak ada kekecewaan yang saya rasakan saat di perpusnas. klik info perpusnas www.pnri.go.id/

perpus ketiga yang saya kunjungi adalah di LIPI. seperti perpusnas LIPI juga mempunyai koleksi buku yang cukup lengkap. pengunjung yang sering dan ramai datang adalah mahasiswa/i dari berbagai universitas di sekitar Jakarta yang mencari reference buku atau jurnal penelitian. yang saya paling suka di LIPI adalah ada satu lantai yang dikhususkan sebagai penyimpanan arsip/ penelitian yang berkaitan dengan gender dan feminisme tapi sayangnya saya belum bisa berlama-lama di lantai tersebut untuk mengeksplor buku dan jurnal apa saja yang bisa saya dapatkan (next time harus!!!!!!).

sekian pengalama dari saya. sebenarnya kunjungan ke 3 perpus itu belum seberapa, mungkin teman-teman yang lain ada ynag sudah melanglang buana pergi ke berbagai perpus lebih dari saya… ya kan? ini sifatnya hanya share saja, tanpa mengurangi rasa hormat (kok jadi resmi gini bahasanya?? hehehe).

mungkin teman-teman ada pengalaman seputar perpus yang pernah kalian kunjungi atau mau merekomendasikan perpus mana yang layak untuk didatangi???? silakan ditunggu comment-commentnya… ^^

-SS-

1 Comment (+add yours?)

  1. wawan ibrahim
    Jul 03, 2011 @ 22:57:58

    perpustakaan

    Reply

Leave a Reply

Archives

