Penasaran, Patung Pastor di Bandung!

PENASARAN, ya rasanya kata-kata itu yang menggambarkan perasaan saya jika berbicara tentang patung pastor yang terletak di taman Maluku kota Bandung tersebut. mungkin saya orang yang agak norak a.k.a baru tau kalo ada tempat seperti itu di Bandung. memang sih saya tau kalo di Bandung itu banyak tempat-tempat serem nan horor dibeberapa tempat. tapi taman Maluku yang didalamnya ada patung pastor saya baru tau pas nonton acara Ceriwis di Trans TV. dalam salah satu episodenya tim Ceriwis syuting dibeberapa lokasi menyeramkan di Bandung. lokasi pertama adalah rumah kentang. konon disekitar rumah itu sering tercium bau mirip kentang. menurut urban legend, ada seorang ibu yang sedang memasak kentang di panci yang besar sambil menggendong anaknya kemudian anaknya yang masih bayi tersebut tidak sengaja masuk ke panci tersebut (agak ga masuk akal juga sih ceritanya.. well, namanya juga cerita2 orang dulu). nah lokasi yang paling ‘GONG’ itu di taman Maluku, disana ada sebuah patung yang bersejarah dan menjadi urban legend juga……..

Patung Pastor H. C. Vebraakk, SJ. terletak di Taman Maluku Bandung. Didirikan sejak tahun 1919 mempunyai luas tidak sampai 1 hektar Dibuat sebagai penghargaan atas jasa seorang imam Belanda yang bertugas dalam perang aceh, dengan sikapnya yang manusiawi terhadap setiap orang dari bangsa apa pun. Diujung sebelah barat taman maluku, berdiri patung perunggu dari Pastor H.O. Verbraak S.J. (1835-1907) yang merupakan salah satu patung dari 7 patung yang ada di kota Bandung. tempat ini oleh warga Bandung terkenal angker (didukung oleh pohon-pohon tinggi plus tempatnya sepi sekali). menurut cerita, patung ini sering berubah letak dan posisinya. misalnya saja posisi tangannya yang aslinya sedang memegang buku (tertutup) kadang bukunya berubah menjadi terbuka, atau ada yang bilang kalau patung ini suka menghilang terutama pada siang hari (jadi kalau ke taman Maluku pada siang hari kadang kita tidak melihat patung tersebut). ada juga yang bilang kalau disamping pastor itu berdiri ada seekor anjing yang menjadi penjaganya, tetapi anjing tersebut tidak bisa dilihat dengan kasat mata… (masuk logika ga???? kayanya ga yaaaaaa…).

nah, selidik punya selidik nih… ternyata ada teori yang menjawab kenapa patung itu (katanya) berubah posisi…

menurut sya ini semua adalah tujuan dari si pematungnya. jadi patung ini adalah karya seni yang luar biasa!
ternyata dari sisi penglihatan dan perspektif yang berbeda, patung ini akan terlihat beda. apalagi didukung oleh fondasi yang tinggi, dari sudut berbeda bukunya akan terlihat beda. kalo ga percaya kalian buktiin sendiri deh…

ya, mungkin karena masyarakat indonesia seneng sekali hal-hal yang berbau horror makanya ceritanya disangkut pautin sama horror yang benang merahnya mahluk gaib atau setan gitu..

Masih PENASARAN ???? saya juga !!!!!!

7 Comments (+add yours?)

  1. Vision Of The Death (V.O.T.D)
    Jul 26, 2011 @ 17:23:41

    begini lah rasa penasaran mu nak, sungguh mengerikan.. hiiiiii

    Reply

  2. sleviblog
    Jul 26, 2011 @ 19:26:43

    hahaha… ga papa. asal jangan penasaran yg berbau2 negatif. contoh narkoba, de el el. udh pernah kesana kah?

    Reply

  3. saykang
    Aug 18, 2011 @ 21:55:56

    dari pengalaman ku tu patung biasa yg bikin kutakut tin di belakang patung pastor ada taman yg ada kolam nya itu ku pernah liat cewe pakean putih pas di kolam itu

    Reply

  4. 17121990
    Aug 27, 2011 @ 14:13:24

    masih di taman maluku maka nya klo liat jgn patung doang liat sekililing taman nya

    Reply

  5. saykang
    Aug 27, 2011 @ 14:28:14

    klo berani tegah mlm

    Reply

  6. saykang
    Aug 27, 2011 @ 14:44:17

    masih di taman maluku maka nya klo liat jgn patung doang liat sekiling taman itu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: