keangkuhan diri

menurut kamus besar bahasa indonesia, angkuh dapat didefinisikan sebagai sifat suka memandang rendah kpd orang lain; tinggi hati; sombong; congkak: krn sikapnya yg — itu, ia tidak disukai orang;  ke·ang·kuh·an n sifat (tabiat) angkuh; ketinggian hati; kesombongan.

tulisan ini hanya sebuah subjektifitas saya semata, jadi bagi teman-teman yang tidak sependapat dengan saya sangat diperbolehkan. keangkuhan meskipun hanya secuil, sedikit, atau apapun kalimatnya tetap saja dapat berakibat buruk bagi diri kita. keangkuhan diri memang tidak bisa kita hindari, sebagai manusia yang jauh dari sempurna tentu saja kita pernah atau bahkan sedang bersikap angkuh kepada orang lain, tidak terkecuali saya baik secara langsung kita rasakan ataupun tidak.

kalau harus dihadapkan dengan seseorang yang bersikap angkuh, apa yang akan kamu lakukan?

diam saja berpura-pura tidak merasa terganggu dengan sikap dia padahal didalam hati kamu amat terganggu dengan sikap orang tersebut. atau langsung frontal bilang kalau kamu tidak suka dengan sikap dia? secara konteks itu teman kamu. -___-

baru-baru ini saya dihadapkan dengan situasi seperti ini. keangkuhan diri yang membuat segalanya terlihat benar, masuk akal dan logika. namun, keangkuhan yang terlihat makin memperlihatkan argumen-argumen yaang dia lontarkan seperti  kesombongan. (saran saya jangan berdebat dengan orang yang hanya mau memang sendiri dan selalu merasa dirinya benar karena PERCUMA). otaknya mati beku karena keangkuhan di dalam hatinya. semoga kita bukan termasuk orang yang seperti diuraikan diatas.

posting-an yang saya tulis ini akan diakhiri dengan sabda Rasullah SAW yang bertujuan untuk introspeksi diri kita agar terhindar dari sifat angkuh.

Rasulullah bersabda : “ Mereka yang dalam hatinya ada keangkuhan diri (kibr) walaupun hanya sebesar biji, tidak akan masuk surga”

-SS-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: