KWACI, I’M IN LOVE!!!!!!!

lagi kegandrungan sama kuaci. cemilan yang satu itu bikin ketagihan. sebulan ini saya selalu ditemani sama kuaci. dari bangun tidur (sumpah demi apapun belom gosok gigi langsung nyemilin kuaci) sampe mau tidur tetep gigitin kuaci. mungkin arwah hamster penasaran sedang masuk di tubuh saya (maksud lo?!). sampe pergantian tahun pun makanan yang jadi menu wajib adalah kuaci, jagung bakar atau ayam bakar mah lewat. sampe-sampe malam tahun baru saya, adik saya dan sepupu bikin lomba siapa yang bisa ngupas kulit kuaci paling cepet. lalalalala… lumayan bisa ngilangin bete karena ga ada acara apa-apa pas malem tahun baru kemaren (ngenes!) hahaha. Suatu siang saya kepikiran buat nyari tau asal muasal kuaci yang begitu bikin saya OD ini. akhirnya setelah tanya ke opa google, dapetlah artikel tentang asal muasal kuaci dan manfaatnya bagi tubuh

Kuaci berasal dari biji tanaman bunga matahari. Tanaman yang berasal dari Meksiko dan Peru ini sejak tahun 1700 menyebar ke banyak negara. Tanaman bunga tersebut kemudian dibudidayakan secara besar-besaran di Jerman, Perancis, Rumania, Bulgaria, Rusia, Hongaria, dan Amerika Serikat. Tanaman bunga matahari masuk ke kawasan Indonesia sekitar tahun 1907, diperkenalkan oleh para ahli pertanian Belanda. Masyarakat Sunda dan Jawa menyebut bunga matahari sebagai bunga srangenge.
Mulanya tanaman bunga matahari dibudidayakan sebagai tanaman hias. Belakangan bijinya dimanfaatkan sebagai kuaci dan sumber minyak untuk produk kosmetika. Sentra budi daya tanaman bunga matahari berada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Proses pembuatan kuaci sesungguhnya sederhana saja. Secara tradisional kuaci dibuat dengan prinsip pengeringan dan penyangraian. Pengeringan dapat dilakukan dengan sinar matahari atau menggunakan oven. Tujuan dari proses pengeringan tersebut adalah untuk menurunkan kadar air, sehingga biji menjadi awet untuk disimpan lama pada suhu kamar.
Selanjutnya proses penyangraian bertujuan untuk memberikan aroma sedap pada biji. Penambahan garam dalam pembuatan kuaci dimaksudkan untuk memberikan rasa gurih dan meningkatkan daya awet. Selain garam, pada pembuatan kuaci juga sering ditambahkan bumbu agar menjadi lebih sedap

Bunga Matahari, salah satu camilan yang sehat adalah kuaci, walaupun taktik jitu diperlukan saat mengonsumsi agar garam tidak ikut termakan. Yang lebih menarik ialah bahwa zat-zat gizi yang ada di dalam kuaci mampu menangkal kanker, hipertensi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kuaci merupakan biji buah semangka (Citrullus vulgaris), bunga matahari (Helianthus annuus), labu kuning atau waluh (Cucurbita moschata), serta labu jenis lainnya yang telah melewati berbagai proses pengolahan. Bagian terpenting kuaci adalah kotiledon, yaitu bagian dalam biji yang enak dimakan sebagai kudapan yang bernilai gizi tinggi. Selama ini kuaci identik sebagai produk dari Cina. Sebenarnya Indonesia memiliki potensi besar mengembangkan kuaci sebagai alternatif pemanfaatan biji semangka dan waluh untuk dijadikan makanan yang dapat dijual dan menghasilkan uang.

nah kebuktikan kalo cemilan ini banyak banget manfaatnya. jadi makanlah kuaci sesering dan sebanyak mungkin (pembelaan diri). anyway, berhubung stock kuaci dirumah udah abis, kayanya saya musti buru-buru ngacir ke supermarket buat beli.. dadaaahhh….. selamet ngemil!

Starting a New Day!

hemm…. tanggal 1 bulan 1 di tahun yang baru 2012. sedang apa saya di tahun baru ini? adakah hal yang baru yang sedang saya lakukan? ternyata sama aja tuh. tetep duduk di depan laptop, sambil tak tik tuk pencet tuts keyboard laptop ngerjain tugas take home test untuk UAS saya. miris ditengah hiruk pikuk tahun baru, satu hari setelah tahun baru saya musti konsentrasi buat UAS semester 5 ini. fokus demi masa depan yang lebih baik. ya semoga saja tahun baru ini jadi lebih baik (harapan yang terlalu klise… hooaaaammm!)

My Poor brother!

Semalem abis kemana? ngapain aja? dimana kamu menghabiskan pergantian malam tahun baru? apa kembang apinya bagus? lalalalala… pertanyaan-pertanyaan itu saya lihat banyak bermunculan di timeline jejaring sosial saat saya berusaha login ke akun saya yang sudah beberapa hari memang sengaja tidak saya buka (itu semacam latihan, berharap tahun 2012 saya tidak jadi seorang yang maniak update status tiap detik. kelihatannya berhasil). well, flasback semalam sebelumnya… di tanggal 31 Desember 2011 itu intinya saya ga ngapa-ngapain. ditemani teman sejati yang ga pernah protes, ngeluh ataupun ngomel-ngomelin saya (red: TV) saya menghabiskan malam pergantian tahun baru…. kasian? iya memang saya seonggok manusia yang perlu dikasihani. maklum Fakir Cinta. lalalalala…. tapi seenggaknya ada sepupu setia saya Tessa, dan adik saya Yudha yang nemenin saya nonton sampe jam 12 malam. FYI, adik tercinta saya baru aja diputusin pacarnya tepat 5 jam sebelum pergantian tahun… dia sebenernya yang harus DIKASIHANI….

Beberapa stasiun TV isinya memutar film-film box office hollywood yang dilabeli ‘tayang perdana di TV’, beberapa lainnya menghadirkan suguhan mega konser nan megah yang disiarkan langsung dari salah satu tempat rekreasi keluarga di utara Jakarta, isinya? boyband, girlband, dan band-band yang bukan selera saya dan suguhan dari magician yang dikubur hidup-hidup didalam semen dan beton seberat 2 ton selama 12 jam, yang menurut saya menggelikan dibanding menakutkan. Mungkin cuma siaran live BPL yang bikin saya lumayan terhibur karena MU dikalahkan oleh Blackburn 2-3 di kandangnya sendiri Old Trafford. YIPPIEE…

15 menit menuju tahun 2012, liat TV, gonta ganti channel sana sini hampir semua menayangkan countdown untuk menyambut tahun baru. Hampir terlupa, kembang api! ya, mana asik ngerayain malem tahun baru tanpa kembang api.. pasti ga rame. sayangnya saya ga sempet liat kembang api yang cantik nan menakutkan itu.. saya cuma bisa denger suaranya dari kejauhan juga sorak-sorak orang yang ramai diluar. Actually, saya ga begitu suka kembang api. meskipun orang-orang bilang kembang api itu bisa buat suasana seru, romantis dan blablabla. tetep menakutkan bagi saya.

Dimana saya saat jam menunjukan pukul 00.00? bukan di halaman rumah sambil pegang kembang api seperti tahun kemarin, bukan di ruang keluarga sambil ketawa ketiwi dengan anggota keluarga. saat orang-orang bersorai ramai berteriak “HAPPY NEW YEAR” sambil meniup terompet, saya mematikan lampu kamar dan berdiam sejenak untuk merenung dan berdoa “Ya Allah, semoga apapun yang saya lakukan hari ini, besok, lusa dan bulan-bulan berikutnya Engkau selalu ada disetiap langkahku…. “. Entah kenapa, jujur saya sangat jarang melakukan hal itu. mungkin saya sudah sadar bahwa tidak pantas meniup terompet di tengah malam nan sunyi yang akan mengganggu para tetangga atau saya hanya terlalu malu karena sudah tidak pada umurnya lagi untuk bersenang-senang macam anak-anak. Ini hanya pemikiran saya yang memang sedang sendiri dan ga ada teman untuk merayakan tahun baru (intinya pembelaan diri! hehehehe…).

“the start of a new year is a good time to reflect on the many achievements of the past”

bagaimana malam tahun baru kalian?

SELAMAT MERENUNG!

NB: lagu ini mengiringi saya melewati pergantian tahun kali ini. hasilnya? mata bengkak keesokan harinya!

TO: Adele. PS: I Wouldn’t Want Someone Like Him.

…….Never mind, I’ll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don’t forget me, I beg
I remember you said,
“Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead,”……..

kutipan diatas saya ambil dari sebuah lagu yang (mungkin) sedang menjadi lagu ‘wajib’ kalian a.k.a pengalaman pribadi. #eeeaaa belum apa-apa udah curhat. hehehe. Apa? kalian belum bisa tebak itu penggalan dari lagu apa?. Oke.. oke.. ini adalah sepenggal lagu yang dilantunkan dengan sangat amat sukses (sampe bisa bikin galau berminggu-minggu) dinyanyikan oleh Adele berjudul “Someone Like You”. Ngaku aja deh pasti banyak yang nagis kalap setelah denger lagu ini, apalagi kalo liriknya dihayati bait per bait (Cukup, ini terlalu berlebihan!!!). ga ada salahnya kok.. (Iya, iya… *pasrah*).

“Someone Like You” adalah salah satu lagu hits Adele yang ada di dalam album keduanya ber-tittle ’21′.  Diambil dari kisah nyata yang dialami Adele, ‘Someone Like You’ berhasil menjadi hits karena suara Adele yang menyayat terdengar begitu menghayati, belum lagi kekuatan liriknya. Kesedihan Adele yang mendalam terwakilkan dengan baik. Meskipun tak berakhir bahagia, namun nyatanya Adele masih berteman dengan mantan kekasihnya tersebut. lagu ini makin menyayat-nyayat hati didukung dengan video clip-nya. berlatarbelakang kota Paris, Perancis yang dianggap sebagai salah satu kota cinta ini makin memperkuat lagu ini. Dan keseluruhan video ini adalah perjalanan Adele dalam nuansa hitam putih dalam shot yang panjang. di Youtube, sampai saat postingan ini dibuat sudah 57 juta lebih yang view video ini. Kesimpulan saya, berarti makin banyak orang yang galau akhir-akhir ini *gajelas*

 

Anyway, lagu ini emang keren banget. gimana ga keren, seperti yang sudah saya umbar-umbar diawal, lagu ini bikin saya galau nan alay berhari-hari, berminggu-minggu (untung ga bertahun-tahun, MATEEE AJA LO!). cuma mau ngasih komentar dan saran aja sih buat Adele. sebagai orang yang pernah ngalamin yang sama kaya dia menurut gue dia tuh kurang strong gitu, cenderung cengeng. saya juga kurang suka dengan kata ‘I beg’…. sebagai orang yang mementingkan gengsi daripada perasaan sendiri (pantes jomblo!mampus) kesannya ngemis-ngemis banget minta ga dilupain ama mantan (that’s BIG NO NO!). hahahaha.. ya, walaupun di end of song si Adele pasrah karena mantannya udah pilih yang lain. tapi tetep aja jiwa penuh gengsi saya tetep berontak (makan tuh gengsi!)… masa iya dia udah disakitin trus pengen nyari cowo yang mirip (sifat or fisik) sama mantannya itu.. (BIG NO NO ke 2). Ada yang sependapat? ya dipersilakan aja.. saya, kamu, kalian kan beda yah… beda pikiran, beda latarbelakang percintaan, de el el.

someone said : “kadang kala kenangan itu memang tidak bisa terlupakan, walau adakalanya malah akan terasa sakit ketika hal itu dikenang”

me : “Don’t be silly. kalo itu sakit kenapa mesti dikenang-kenang. MOVE ON!!!!!! “

*Note: yang punya blog nulis postingan ini dengan backsound lagu Someone Like You. Sambil meratapi kisah cintanya yang tak kunjung membaik dikarenakan banyak GENGSI! terimakasih!

More Photo of Kim Jong Hyeok

mau dong dikasih kartu merah. *kode*

serius banget. *colek dagu*

Mr. Smile

wanita-wanita diluar sana... siap-siap patah hati.

LIKE CRAZY – It’s a Must-See

Pertama kali saya melihat trailer film LIKE CRAZY di salah satu program di stasiun televisi. well, pas liat trailernya saya langsung ngebet banget mau nonton film ini. apalagi setelah tau kalau film ini menjadi salah satu film yang diputar di Sundance Film Festival 2011. seperti film-film sebelumnya yang saya tahu, biasanya film yang diputar di Sundance selalu punya cerita yang ‘lain’ dari kebanyakan film ‘box office’. meskipun latar cerita film LIKE CRAZY ga jauh-jauh dari cinta tapi film ini beda dari film cinta yang klise.

Film LIKE CRAZY disutradarai oleh Drake Doremus dan dibintangi oleh Anton Yelchin (aktor asal Rusia), Felicity Jones (aktris asal Inggris) dan Jennifer Lawrence. Film ini memenangkan kategory Grand Jury Prize: Dramatic Film pada Sundance Film Festival ke-27, dan Felicity Jones memenangkan Special Grand Jury for Acting in a dramatic film berceritakan tentang percintaan antara 2 manusia dari 2 negara yang berbeda. Jacob (Anton Yelchin) dan Anna (Felicity Jones) adalah sepasang kekasih yang kuliah di Los Angles. Anna adalah mahasiswi pertukaran dari Inggris. Semasa mereka kuliah, tidak ada masalah dalam percintaan mereka. Tetapi ketika Anna, ternyata harus kembali ke Inggris, percintaan mereka harus teruji. film yang dibuat dengan menggunakan kamera Canon EOS 7D DSLR ini hanya berbudget $250,000. terbukti, untuk membuat film yang bagus dan berkualitas tidak perlu menggunakan efek yang ‘wah’ nan mahal. namun, dengan budget yang ‘seadanya’ bisa menghasilkan film yang berkualitas.

ternyata inspirasi dibuatnya film ini adalah dari kisah cinta sutradanya yaitu Drake Doremus dengan mantan istrinya yang bernama  Desiree Pappenscheller yang berasal dari Austria yang memang pernah bermasalah dengan imigrasi di Amerika Serikat dan akhirnya menjalin hubungan jarak jauh.

buat yang sedang LDR alias Long Distance Relationship kayanya cocok ni buat nonton film ini… biar ‘ngena’ plot ceritanya dengan kalian.. #eeeeaaa. jangan langsung galau ya selesai nonton filmnya. hehehe…

-SS-

 

 

Sang Wasit….. Kim Jong Hyeok!

wooowww… semua orang se-Indonesia (lebay!) mungkin sedang demam SEA Games yah. gimana ga semangat coba, Sea Games ke-26 yang diselenggarakan di Indonesia (Jakarta-Palembang) ini sukses bikin gempar. Slogan “AYO INDONESIA BISA!” yang memang sengaja dibuat untuk mendukung atlet-atlet Indonesai yang berlaga di Sea Gmaes 2011 ini tiap detik, tiap menit selalu bisa kita dengar atau lihat di televisi. sampai tanggal 20 November 2011 pukul 03.35 WIB ini Indonesia masih menduduki puncak perolehan medali dengan 140 Emas, 112 Perak dan 103 Perunggu. bangga? tentunya dooong!

Sea Games ke-26 ini menampilkan 48 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. nah dari 48 cabang olahraga tersebut salah satu olahraga terpopoler di Indonesia yaitu sepakbola sedang memasuki babak ‘krusial’ alias menegangkan yaitu Final pada tanggal 21 November mendatang. aniwei, TimNas U-23 yangberlaga di Sea Games ini memang tidak menemui jalan yang mudah. sebelum bertanding dalam laga semifinal, garuda muda kita dikalahkan Malaysia 0-1.

berkat prestasi yang diukir di Sea Games ke-26 ini TimNas U-23 menjadi idola baru. namun, sejalan dengan kepopuleran pemain-pemain TimNas U-23 terselip cerita yang unik. sesosok pria ganteng yang ga kalah ganteng dengan Gunawan Dwi Cahyo muncul ditengah lapangan saat pertandingan Indonesia VS Thailand. yakkk…. bisa tebak orang yang dimaksud siapa??? apa?? Diego? BUKAN! (udah ga jaman naturalisasi…). dia tak lain dan bukan adalah sang referee pertandinga, KIM JING HYEOK. tampangnya yang lebih mirip artis drama korea atau anggota dari boyband korea dibandingkan wasit (oke itu agak sedikit lebay dan tak terukur!!!) menjadi pemandangan yang menarik dan menyegarkan mata (setelah Gunawan Dwi Cahyo sekali lagi. Gun, Looooveee you!). *maafcurcol*

referee yang berhasil mencuri perhatian penonton (kebanyakan wanita) lahir pada 31 Maret 1983. berasal dari Korea Selatan. memang agak susah ya nyari biodata si wasit nan ganteng ini. tapi untuk memuaskan rasa penasaran kalian bisa klik link ini http://ko-kr.facebook.com/people/Jong-Hyeok-Kim/1627262650

tidak usah berlama-lama lagi, wahai gadis-gadis yang menjerit-jerit, ini saya kasih beberapa foto oppa jong hyeok!!!!!! aaaaaaaaaaawwwwwww….

ngasih kartu aja masih bisa senyum. *kalap*

Iskandar Widjaja, He’s Just So Damn Charming!

Iskandar Widjaja. Kalian masih asing sama nama yang satu ini? well, saya awalnya juga sangat asing sama nama itu. pertama tahu dan melihat wajah Iskandar Widjaja yaitu lewat iklan sebuah merk kopi di televisi yang beberapa kali saya lihat. Saya langsung penasaran  sama violinist keturunan Indonesia yang menetap di Jerman ini.

 Iskandar Widjaja, pemuda usia 24 tahun, berdarah Indonesia yang lahir dan besar di Jerman. Lahir pada 1986 dan mulai memainkan biola sejak berusia 4 tahun. Ia belajar dengan Ilan Gronich di UDK Berlin dari tahun 2005 hingga 2010. Saat ini ia menerima dukungan dari Dora Schwarzberg dan bekerja di masterclasses bersama Henning Kraggerud, Shlomo Mintz, Kristen Tetzlaff, dan Donald Weilerstein.
Bakatnya yang besar dan terus terasah mengantarkan Iskandar memperoleh hadiah pertama di Jugend Musiziert, Hindemith, Postacchini dan Goldener Julius Violin Kompetisi.
Tak mengherankan jika kehebatannya itu segera dilirik oleh beberapa kelompok orkestra yang mengajaknya manggung bareng. Dia tercatat pernah tampil sebagai solist di beberapa kelompok orkestra, Dubrovnik Symphony Orchestra, Jakarta Symphony, Klassische Philharmonie Bonn, das Sinfonieorchester Berlin, Filmorchester Babelsberg dan Berlin Chamber solois di Norwegia, Jerman, Kroatia, Swiss, Indonesia, Spanyol, Italia, Belgia dan Amerika Serikat dan festival seperti “Bad Kissinger Musiksommer”, St.Prex dan Valdres Norwegia

Hormati Orang yang sedang Berpuasa?!

Akhirnya bisa merasakan juga bulan suci yang penuh dengan keberkahan, kasih sayang dan ampunan yaitu bulan Ramadhan. sebagai salah satu orang yang beruntung bisa merasakan bulan suci ini saya harus beribadah dengan khusyuk dan full. umur siapa yang tahu mungkin tahun depan saya sudah tidak bisa merasakannya kembali, ya kan? *muka serius*

anyway, berhubungan dalam bulan Ramadhan, ada satu hal yang menggelitik pikiran saya akhir-akhir ini (tepatnya baru menyadari) yaitu setiap bulan puasa tempat-tempat makan atau restoran-restoran dilarang berbuka sebelum magrib tiba, jika ingin tetap nekat jualan maka pedagang-pedangan itu diharuskan menggunakan semacam penutup/gorden untuk menutupi tempat jualannya/makanan yang dijajakan dengan alasan (yang menggelitik rasional saya, azzzeeekk dah! hahaha) agar orang yang berpuasa tidak terganggu atau tergoda puasanya. kalo kalian melanggar peraturan tersebut siap-siap kalian terkena razia para Satpol PP.

nah sekarang saya tanya ke kalian, apakah kalian tergoda puasanya pas ada orang di dekat kalian makan es atau ngemil gado-gado? atau kalian terganggu puasanya kalo ngeliatin orang makan, minum, pipis (yang terakhir ga termasuk, maaf!) ? kalo jawaban kamu kebanyakan IYA berarti iman lo tipis men….. (makanya pake yang double biar ga tembus, *eh?* hahaha).

gini deh ya, namanya puasa itu kan musti ada godaannya kan ya? kalo ga ada godaan/ diminimalisir godaannya gimana caranya kita buat tau seberapa tingkatan kita dalam beribadah apakah naik/malah merosot dari tahun sebelumnya? ya kan?. lagipula kalo puasa dipermudah dimana nilai dari puasa tersebut? tull ga? (sotoy lo vi! biarin sekali-kali nyeramahin orang!). satu lagi, kita ini tinggal di dalam negara yang latar belakangnya berbeda-beda… beda suku, budaya, dan AGAMA. nah, agama di Indonesia bukan cuma Islam tetapi masih banyak agama lain (yang butuh makan alias kebutuhan primer di siang bolong). bukannya orang yang berpuasa juga harus menghormati orang yang tidak berpuasa juga? come on… jangan cuma pengen dihormati aja dong. ada baiknya sebelum kamu minta dihormati kamu hormati dulu orang lain (dalam hal ini orang2 yang ‘tidak berpuasa’). jadi pertanyaan saya berikutnya kenapa orang berjualan dibulan puasa juga harus dilarang? emangnya Satpol PP dan antek2nya yang ngerazia itu mau ngebiayaain hidup mas-mas/ibu-ibu yang pada jualan?? kasian kan, mereka nyari nafkah dan penghasilan hidup cuma dengan berjualan. mari merenung sama-sama! #eeeaaa

dan entah sejak kapan budaya “hormati yang puasa” itu berlaku karena pada dasarnya, ibadah itu adalah urusan pribadi seseorang dengan Tuhannya, meskipun dilakukan secara bersama-sama dalam sebuah komunitas. kita hidup dalam masyarakat yg plural dengan berbagai agama, kepercayaan, jg kepentingan dan kebutuhan. ada baiknya budaya itu dihilangkan dan sewajarnya kita tidak memberikan batasan-batasan kepada orang lain yang berjualan untuk buka jam sekian, tutup jam sekian, harus ini, harus itu, dan lain sebagainya hanya dengan alasan MENGHORMATI YANG SEDANG PUASA.

well, kasian sekali yah yang minta dihormati, secara tidak langsung ia mencap dirinya sebagai manusia yang tipis iman! nauzubilah.. semoga kita bukan termasuk ke dalam orang yang tipis imannya tadi.

HAPPY FASTING ALL!

The Best Movie of Leonardo DiCaprio

jika ditanya siapa aktor favorit saya, pasti dengan cepat tanpa pikir panjang lagi saya akan jawab Leonardo DiCaprio. lebih dari 20 tahun ia malang melintang di industri perfilman hollywood. berbagai macam karakter pun rasanya sudah dilalui oleh Leo (panggilan akrabnya) dengan sempurna. tapi, apa saja film terbaik yang dibintangi olehnya? tentu ini versi saya sendiri.. hehehe..

aktor keahiran 11 November 1974 itu memulai debut karirnya dengan membintangi sebuah iklan komersial dan sitkom berjudul Growing Pains. dan debutnya dalam film ia mulai dengan bermain di film sci-fic horror Critters 3 pada tahun 1991. karirnya mulai bersinar saat ia membintangi film berjudul What’s Eating Gilbert Grape pada tahun 1993. berkat aktingnya sebagai Arnie Grape dalam film tersebut ia berhasil masuk nominasi Academy Awards di usia yang sangat muda yaitu 19 tahun.

dalam karirnya selama kurang lebih 20 tahun ini, karir Leo mengalami pasang surut. namun karirnya mulai bangkit lagi setelah ia membintangi film garapan sutradara bertangan dingin, Steven Spielberg berjudul Catch Me If You Can dan film garapan sutradara Martin Scorsace, Gangs of New York. meskipun telah beberapa kali masuk nominasi oscar sayanganya Leo belum ppernah merasakan kemenangan dan membawa piala yang disimbolkan sebagai puncak pencapaian seorang aktor/aktris ini. berikut adalah 5 film terbaik Leonardo DiCaprio versi saya:

1. What’s Eating Gilbert Grape

film bergenre drama ini menceritaan tentang kehidupan Gilbert Grape (Johnny Depp) yang hidup di sebuah pinggiran kota (countryside) bernama Endora. Di sana ia mempunyai seorang kakak perempuan, seorang adik perempuan, seorang adik laki-laki yang terkena gangguan jiwa (autis) yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, dan seorang kakak laki-laki yang telah pergi (hanya diceritakan telah pergi). Di sana Gilbert Grape harus menjalani hidup di mana ia harus mengasuh Arnie, adik laki-lakinya yang autis dan menjadi pencari nafkah dengan bekerja di supermarket kecil dan kuno karena ayah mereka telah tiada, sementara ibu mereka sangat gendut (obesitas) dan hanya diam setiap hari di sofanya dan makan. Dalam film ini Leo dinominasikan dalam Academy Award di kategori Best Supporting Actor.

 

2. The Aviator

The Aviator bercerita tentang kehidupan seorang miliarder eksentrik berumur 40 tahun bernama Howard Hughes. Hughes yang diperankan DiCaprio ini adalah pengusaha sukses di Houston, AS. Hughes kemudian pindah ke Hollywood dan menjadi seorang produser pusat perfilman di Negeri Paman Sam itu. Karakter Hughes terbilang unik. Ia digambarkan sebagai pria yang selalu beruntung dan sukses di setiap bidang usaha yang digelutinya. Miliarder ini juga dianggap sebagai sosok misterius karena selalu menolak untuk diwawancara. Film itu juga menceritakan kehidupan percintaan Hughes dengan sejumlah aktris terkenal Hollywood. Nominasi untuk Aktor terbaik 2005 Academy Award dan 2 SAG Award dan memenangkan sebuah Golden Globe.

 

3. Titanic

Film ini diarahkan oleh sutradara terkenal James Cameron, yang pernah menggemparkan dunia perfilman dengan film Terminator (1984) yang kemudian disusul dengan film “Aliens” (1986). Di tahun 1991, ia membuat sekuel “Terminator”, yakni “Terminator II: The Judgement Day” dan berbagai film-film “box office”-nya. Jadi tidak heran kalau tangan dinginnya mampu membuat karya kolosal “Titanic” dengan budget yang luar biasa besar yakni 200 juta dolar Amerika. Lantaran budget yang begitu besar, ia sempat menghadapi keberatan dari studio sehingga James Cameron rela mengorbankan honornya. Ternyata film yang dibuat di berbagai lokasi seperti di Bellmont Olympic Pool, Long Beach, California, dan Halifax, Nova Scotia, Kanada serta lokasi reruntuhan kapal Titanic di Atlantik Utara, berhasil mencetak rekor pendapatan tertinggi di sepanjang masa.

Selain itu, film”Titanic” juga berhasil memperoleh berbagai penghargaan, seperti memborong 11 piala Oscar dari Academy Awards, yakni untuk kategori Best Picture, Best Cinematography, Best Sound, Best Music, Song, Best Music, Original Dramatic Score, Best Film Editing, Best Effect, Visual Effect, Best Effect, Sound Effect, Best Director, Best Art Direction-Set Decoration, dan Best Costume Designs. meskipun di film ini ia tidak di nominasikan untuk meraih piala, tapi semua pasti setuju ini adalah salah satu film yang akan dikenang sepanjang masa, begitupun Leo.

 

4. Catch Me If You Can

mengangkat kisah nyata Frank William Abagnale Jr, kini konsultan keuangan yang bertugas mencegah kejahatan kerah putih (white collar crime), yang dulunya dikenal sebaga pemuda pembobol bank. Tak tanggung – tanggung, Frank berhasil menggerus duit 4 juta dollar, menipu orang dengan penyamarannya yang sempurna sebagai pengacara, dokter hingga pilot dan berhasil mengecoh FBI beberapa kali. Kisah yang sungguh menarik dan direkonstruksi secara cermat oleh Spielberg. Tim penulis Catch Me If You Can membuang sekelumit kehidupan Frank yang dirasa tak perlu muncul di layar dan menambahkan beberapa bagian tertentu demi alasan dramatik. Hasilnya, sebuah film berdurasi kurang lebih 2 jam yang menarik, menegangkan dan berkualitas pada saat bersamaan.
Di usia 16, Frank William Abagnale Jr (Leonardo DiCaprio) lari dari rumah. Penyebabnya, ayah dan ibunya bercerai. Tambahan lagi, ayahnya sedang dikejar – kejar Dinas pajak. Maka lengkaplah sudah penderitaan Frank. Dalam pelariannya, Frank mulai mengecoh orang – orang. Pada awalnya, terlihat hal itu dilakukannya karena alasan psikologis. Frank merasa bahwa dengan menjadi profesi tertentu, orang – orang akan menghargainya, tidak seperti pemerintah (dalam hal ini Dinas Pajak) yang dianggapnya “menginjak – injak” harga diri ayahnya. Petualangannya berlanjut dengan memalsu cek hingga suatu ketika jejaknya tercium agen FBI yang gigih, Carl Hanratty (Tom Hanks). Dan Spielberg seperti tahu betul keinginan penonton. Ia memilih memfokuskan cerita pada kisah pengejaran Carl atas Frank yang tak kenal lelah yang berlangsung bertahun – tahun. Spielberg yang sudah berpengalaman, terampil menarik ulur ritme cerita, memadu padankan adegan demi adegan dan mampu bercerita dengan lancar. Adegan yang padat membuat Catch Me IfYou Can tak terasa memakan waktu hingga 2 jam lamanya.  untuk film ini Leo diganjar nominasi untuk Aktor terbaik pada 2003 Golden Globe

5. The Departed

“The Departed” bersetting di Boston Selatan, dimana polisi sedang menyelidiki kejahatan terencana yang dilakukan organisasi kejahatan. Seorang polisi muda yang ditutupi, Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) ditugaskan untuk menyusup pada sindikat yang dipimpin Costello (Jack Nicholson). Ketika Billy dengan cepat mendapat kepercayaan Costello, Colin Sullivan (Matt Damon), seorang penjahat muda juga dijadikan sebagai polisi yang berfungsi sebagai mata-mata polisi untuk para sindikat. Ia mendapatkan jabatan di Kesatuan Khusus Investigasi. Mereka masing-masing sibuk dengan peran gandanya, mengumpulkan informasi tentang rencana dan pelaksanaannya. Namun keadaan semakin jelas baik bagi penjahat maupun polisi bahwa ada kejanggalan diantara mereka, Billy dan Colin terancam tertangkap dan penyamarannya terbongkar. Mereka masing-masing berlomba mengungkap identitas lawan untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing. Leo mendapatkan nominasi untuk Akotr terbaik pada 2007 Golden Globe dan untuk 2 SAG Awards (akotr pendukung terbaik dan ensemble).

apa ada salah satu diantara 5 film diatas yang juga jadi film favorit kalian???

-SS-

10 Film yang Menggambarkan Orang Jenius

Jenius didefinisikan sebagai orang memiliki kapasitas alami di bidang intelektual. Banyak film menggambarkan orang-orang jenius dengan keahlian masing-masing, apakah itu matematika, ilmu pengetahuan, seni atau musik. Berikut adalah 10 film brilian yang menggambarkan 10 “kejeniusan” yang berbeda (di bidang seni, matematika, fisika, supranatural, time traveller, autisme, catur, kecerdasan, menulis, dan musik). Sebagian besar film didasarkan pada kehidupan karakter dan bagaimana kemampuan mereka masuk ke dalam kehidupan mereka dan kehidupan orang-orang di sekitar mereka. Mayoritas dari mereka didasarkan pada orang yang nyata.

10. Pollock (2000)

Film ini menceritakan tentang karier dan perjuangan dengan alkoholisme serta resepsi untuk pekerjaannya. Jackson Pollock adalah seorang pelukis abstrak Amerika yang meninggal pada tahun 1956, pada usia 44. Ia terkenal karena lukisan ekspresionisnya yang dilukis di kanvas besar, yang biasanya dibentangkan di lantai. Bukannya lukisan yang ia buat, ia hanya melempar cat kanvas dan mengolesi kanvas. Dia berjuang dengan alkohol sepanjang hidupnya, dan pada akhirnya alkohol menjadi penyebab kematiannya dalam kecelakaan mobil yang dikendarainya dalam keadaan mabuk. Pollock Film ini dirilis pada tahun 2000 dan aktornya antara lain Ed Harris dan Marcia Gay Harden. Harden memenangkan Academy Award untuk perannya sebagai istri Jackson, Lee Krasner.

9. Rain Man (1988)

Sebagian orang pasti akrab dengan Film ini, “Rain Man” memenangkan 4 Oscar pada tahun 1989, termasuk satu untuk Aktor Terbaik, Dustin Hoffman. Dalam film ini Hoffman berperan sebagai Raymond, sarjana autis yang cacat. Raymond memiliki kecerdasan dan keahlian yang bertentangan dengan alam secara keseluruhan. karakter Raymond di film ini diambil pada seseorang di dunia nyata yang bernama Kim Peek, yang dianggap sebagai sarjana paling cemerlang di dunia. Peek dapat membaca 2 halaman buku dalam waktu sekitar 10 detik dengan matanya. Mata kirinya dapat membaca halaman yang berada di sisi kiri buku dan mata kanannya dapat membaca halaman yang berada di sisi kanan buku. Dia bisa mengingat 98% dari informasi ini. Selain terkenal sebagai “speed calculator”, dia juga bisa mengingat lebih dari sekitar 12.000 buku-buku tentang geografi, sejarah, sastra, dll. Dia juga dapat mendeklarasikan hari atau tanggal dalam sejarah. Tapi pada dasarnya film ini bukan menceritakan kehidupan Kim Peek, tetapi menceritakan tentang charlie, adik Raymond (diperankan oleh Tom Cruise), yang menemukan saudaranya setelah ayah mereka meninggal dan meninggalkan warisan jutaan dolar untuk Raymond. Pada awalnya Charlie hanya menggunakan kemampuan Raymond untuk keuntungan sendiri, tetapi seiring waktu berjalan, Charlie berubah menjadi mencintai kakaknya Raymond. Di film ini, akting Dustin Hoffman sangat sempurna dan cemerlang.

8. Searching for Bobby Fischer (1993)

Robert James Fischer dianggap sebagai salah satu pemain catur terbaik sepanjang masa, dengan prestasi legendaris, termasuk menjadi grandmaster termuda pada usia 15. Film ini menceritakan Joshua Waitzkin, anak ajaib yang mengikuti jejak Bobby Fischer. Di film ini, Waitzkin dimainkan oleh Max Pomeranc. Dia ditemukan sebagai pemain catur yang memiliki bakat alami. Pada film ini dia diasuh oleh instruktur yang ketat. Yosua Waitzkin mulai bermain catur pada usia 6 tahun. Da telah memenangkan 8 gelar individu dan 7 kejuaraan tim.

7. Little Man Tate (1991)

Little Man Tate adalah sebuah film yang disutradarai dan dibintangi oleh Jodie Foster. Film ini menceritakan kisah seorang anak jenius, Fred Tate (7 tahun) yang memiliki bakat piano, jenius dalam hal matematika dan juga dunia artis. Film ini berfokus pada usaha Fred untuk menyesuaikan dirinya di masyarakat, meskipun kecerdasannya menjadi ketegangan psikologis antara dirinya dan ibunya.

6. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind didasarkan pada sebuah buku dengan judul yang sama. Baik film dan novel ini menceritakan kisah tentang ahli matematika pemenang Hadiah Nobel dan Economist, John Forbes Nash. Awalnya, Tom Cruise ditetapkan untuk memainkan peran utama, tapi Crowe dipilih setelah Ron Howard (Sutradara) melihat penampilannya di Gladiator. Film ini mengambil sebagian besar kehidupan Nash, termasuk waktu di Princeton University. Kisahnya meliputi keberhasilan dan keputusasaan Nash. Film ini memenangkan 4 Academy Award, termasuk Best Picture.

5. Amadeus (1984)

Amadeus dianggap sebagai salah satu film drama musikal terbaik yang pernah dibuat. Hal ini ditandai dengan menjadi nominasi untuk 53 award dan memenangkan 40 dari 53 award tersebut, termasuk 8 Academy Award. Film ini diambil dari kehidupan komposer Antonio Salieri dan Wolfgang Amadeus Mozart, keduanya tinggal di Wina, Austria, di akhir abad ke-18. Mozart adalah seorang anak ajaib yang menulis untuk keyboard dan biola pada usia 5 tahun. Di sepanjang hidupnya dia telah menghasilkan lebih dari 600 karya dan dianggap sebagai musisi, anak berbakat alami terbesar sepanjang masa.

4. Dark Matter (2008)

Dark Matter adalah sebuah film yang didasarkan pada kisah Gang Lu, pelaku pembunuhan di University of Lowa. Film ini berfokus pada waktunya di universitas, daripada kejahatan yang ia lakukan. Karakter, Liu Xing, adalah mahasiswa Cina berbakat muda yang diterbangkan ke Amerika untuk belajar fisika di tingkat yang lebih tinggi. Sementara di sana, ia bergabung dengan kelompok kosmologi yang dipimpin oleh Jacob Reiser, seorang ahli kosmologi terkenal. kecemerlangan Xing menjadi jelas dan ia dengan cepat diambil di bawah sayap profesor. Ketika mereka mencoba untuk membuat sebuah model bagi asal usul alam semesta. Namun, Xing menjadi terobsesi dengan studi ‘Dark Matter’, suatu zat yang tak terlihat bahwa ia percaya bentuk alam semesta dan segala isinya, bertentangan dengan teori Reiser’s. Karakter pertempuran egonya, dan perbedaan budaya ketika mencoba untuk mempertahankan kemampuan alami nya bagi ilmu pengetahuan, serta kewarasannya.

3. Powder (1995)

Sean Patrick Flanery memainkan anak albino yang dijuluki “Powder”, yang memiliki kecerdasan luar biasa, telepati dan kekuatan paranormal. Nama asli Anak ini adalah Jeremy Reed. Ibunya disambar petir ketika dia masih dalam kandungan. Anak ini juga memiliki kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain di sekitarnya. Jeff Goldblum dan Mary Steenburgen membintangi film ini.

2. The Time Machine (1960 & 2000)

Ada dua film Time Machine (1960 dan 2002), masing-masing berdasarkan novel HG Wells dengan nama yang sama. Meskipun di film protagonis memiliki nama, dalam buku ia hanya dikenal sebagai ‘Time Traveler’, penemu muda berbakat dari New York (versi 2002) Setelah kekasihnyanya dibunuh oleh perampok, ia membangun sebuah mesin waktu yang akan memungkinkan dia untuk kembali untuk menyelamatkan kekasihnya. Setelah menyadari bahwa tidak peduli berapa kali ia kembali, pacarnya selalu terbunuh dengan cara yang berbeda sampai ia pergi ke masa depan tahun 2037. Setelah pingsan, ia terbangun di tahun 802.701 dimana manusia telah kembali ke cara primitif hidup dan tersiksa oleh monster kera yang disebut ‘Morlocks’. Walupun film ini tidak brilian, setidaknya novel ini adalah “wahyu” yang memperkenalkan ide tentang time travel.

1. Finding Forrester (2000)

Film ini menceritakan tentang seorang remaja negro muda, Jamal Wallace, yang memiliki bakat alami yang besar untuk menulis. Ia bertemu pada seorang penulis tua bernama William Forrester, (diperankan oleh Sean Connery). Pada akhirnya persahabatan mereka tumbuh, masing-masing menemukan diri mereka dengan cara yang berbeda. Meskipun Jamal adalah seorang mahasiswa sangat berbakat, tekanan mendorong dia untuk tampil di tingkat rata-rata di sekolah, sedangkan Forrester membantunya memberinya semangat untuk sastra.

(Sumber : http://www.dunia-unik.com/)

Previous Older Entries

Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.